Wednesday, August 11, 2010

day #28 Kebetulan



Serendipity

"kesanggupan atau keberhasilan untuk menemukan sesuatu dengan tanpa sengaja pada saat mencari sesuatu yang lain". Contohnya adalah penemuan planet Uranus oleh William Herschel. Herschel ketika itu sedang mencari komet, lalu ia menemukan Uranus yang awalnya ia identifikasi sebagai komet sebelum akhirnya ia menyadari bahwa benda itu adalah planet.

Serendipity is a propensity for making fortuitous discoveries while looking for something unrelated.

(from wikipedia)



Saya adalah orang yang percaya akan serendipity, dimana kebetulan yang menyenangkan ini tidak hanya datang untuk cinta belaka. pekerjaan, bisnis, bahkan hal-hal sederhana yang mengitari kita di kehidupan sehari-hari. Sebuah kata, yang semakin populer ketika tahun 2002 Miramax Film memproduksi sebuah film yang juga berjudul "Serendipity" (tentu saja serendipity disini mengacu pada cinta) yang akhirnya membuat orang-orang "ngeh" akan makna kata yang satu ini. Semua berakar dari suatu hal yang kebetulan. Tapi, benarkah sebuah keberhasilan seseorang banyak dipengaruhi oleh faktor kebetulan?

Peter Mcwilliams pernah berkata, In reality, serendipity accounts for one percent of the blessings we receive in life, work and love. The other 99 percent is due to our efforts. jadi intinya memang usahalah yang mewujudkan keberhasilan kita. Klise sih, tapi memang tanpa adanya usaha, keberhasilan itu tidak akan tercapai. Tapi saya juga lantas tidak sepenuhnya mengiyakan. Saya percaya faktor kebetulan. Kebetulan ada karena memang ada suratan takdir yang menentukan.

Akhir-akhir ini, saya sering sekali mengalami kebetulan yang menyenangkan ketika saya merencanakan sesuatu diluar kebetulan itu sendiri. Setali tiga uang. Dari mulai dari pekerjaan atau bahkan (mau tidak mau mengakui) percintaan. Walaupun tidak seperti jalan cerita film "Serendipity" yang endingnya mudah ditebak, namun keyakinan bahwa akhir-akhir ini segala sesuatunya berjalan dengan baik (walaupun sedikit slebor) akhirnya disimpulkan, segala sesuatu itu berhasil kalau didasari oleh keyakinan.

(Sesederhana kebetulan nyari bahan siaran eh dapet website keren. Kebetulan mau rilis buku eh jadi punya temen diskusi baru. Kebetulan mau nyari lagu ini eh nemu lagu itu. Kebetulan mau makan disitu eh ketemu temen yang udah lama ga ketemu. See? serendipity ada di sekitar kita.)

No comments: