Tuesday, August 17, 2010

Local Genius


Perayaan kemerdekaan kemarin sempat membuat saya sedikit membahas tentang sebuah kemampuan yang konon dimiliki oleh Indonesia dalam hal kebudayaan. Kemampuan jenius bangsa yang bersifat lokal. Yes, it's Local Genius. Sebuah kemampuan lokal menantang sesuatu yang global.

Untuk yang masih belum ngeh apa itu local genius, local genius mengacu pada kemampuan kita sebagai bangsa yang berbudaya, untuk bisa menyerap budaya asing tanpa merusak budaya kita sendiri. Seperti yang sudah-sudah dilakukan oleh bangsa kita dalam proses akulturasi agama Hindu, Budha, Islam, atau contoh paling kecil sekalipun seperti adaptasi kita dalam hal resep masakan asing yang dikombinasikan dengan bumbu-bumbu nusantara. Kita mungkin tidak akan pernah menemukan McRice (burger nasi yang pernah diproduksi McDonalds) di Paris atau Amerika, dan kita juga tidak akan heran lagi jika seorang pembantu rumah tangga yang sifat kedaerahannya sangat kental tapi bisa memasak pasta dengan lihai.

Satu hal yang patut menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan komunitas kreatif kita? Ini dia yang menjadi pertimbangan saya dalam hal pemaknaan local genius. Bisakah kita mengagumi budaya british emo namun diadaptasi dengan kultur kita? Bisakah seseorang menjadi skateboarder ternama dengan gaya hidup yang menjunjung tinggi budaya lokal? Bisakah kita memadukan ketertarikan kita terhadap komunitas sepeda ontel plus kostum tradisionalnya dengan komunitas fixed-gear dengan gaya kekiniannya?

Kalau saja kita bisa memperluas ruang lingkup pemaknaan local genius bangsa kita, mungkin budaya-budaya asing yang paling umum sekalipun bisa diserap dan diaplikasikan kedalam seluruh aspek mulai dari pendidikan hingga kesehatan. Budaya nasionalisme Jepang memang patut ditiru positifnya, tapi jika kita bisa mengakulturasi budaya nasionalisme mereka dengan versi kita dengan kejeniusan lokalnya, mungkin pada akhirnya kemampuan kita tidak hanya berguna bagi kita, tapi juga menjadi panutan bagi masyarakat internasional :)

4 comments:

krishnatriswara said...

you are, indeed, a local genius..

edoyism said...

klo dila termasuk golongan apa don? :)

Mayahapsari Widianisarespati said...

pas bngt ak lg butuh :D

Aji SMADA said...

ini yang ak cari2...