Tuesday, July 27, 2010

day# 13 : your mind is the scene of the crime.




mungkin saya akan mempertimbangkan, atau bahkan mengiyakan, ketika tawaran untuk menjadi kriminal mimpi itu datang. Sang Ekstraktor. sebuah pekerjaan menggiurkan yang membuat orang mungkin akan merasa, itu bukanlah kejahatan, karena hanya sebatas menjadi tukang intip, seorang tukang intip mimpi. atau hanya sekedar menggenggam tangan seseorang dan mengajaknya bertamasya di alam mimpi.

Inception
Sebuah film yang didasarkan pada keadaan seseorang yang sadar saat bermimpi, kondisi yang disebut dengan lucid dream atau mimpi cerah. Ketika kesempatan untuk menjadi "Oneironautic" itu muncul, tanpa banyak tanya saya akan menjelajahi setiap mimpi orang-orang yang selalu memunculkan banyak tanya, bermain dengan gravitasi, menerobos masuk kedalam lapisan-lapisan yang semakin lama semakin dalam, merampok semua memori yang tidak pernah terkuak, dan mengubahnya, demi sebuah kepentingan.

Inception adalah satu dari sekian banyaknya karya seni tentang mimpi yang membuat saya menjadi ragu, karena dunia ini, seperti yang saya selalu tuduh, terlalu abu. semua bermain dengan permainan pikiran: Memento. Science of Sleep. Vanilla Sky. Matrix. Waking Life. Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Being John Malkovich. Insomnia. The Prestige.

Saya tidak peduli jika saya ternyata tidak hidup dalam sebuah realita. Saya tidak peduli jika kita hidup berdampingan diatas sebuah kesalahan yang tidak nyata. Saya tidak akan mempertanyakan kebodohan orang yang mengunci memori tertentu hanya untuk diratapi semata. Dogma, teori filosofis, semuanya boleh saja berbenturan, tapi jangan usik kebahagiaan saya. dan jangan coba-coba memanipulasi perasaan saya.

No comments: